Belajar fiqih haji & umroh

Labaik Allahuma labbaik …. Kalimat itu terngiang-ngiang dalam kepalaku. Masuk kedalam hati dan membuat rasa ini menjadi takjub.

Hari ini aku belajar fiqih tentang haji dan umroh yang dibimbing oleh ammah Efi. Ini merupakan rangkaian kegiatan manasik dari KSuper. Kegiatan ini dilaksanakan dekat perbatasan Depok dan Jakarta Selatan. Sungguh jauh lokasinya dari rumahku tapi karena aku tidur selama perjalanan, jadi tak terasa.

Ammah Efi menerangkan tentang arti haji secara bahasa: al qhasdu, yaitu tujuan atau kesengajaan
Secara istilah fiqih: haji berarti kesengajaan menuju baitullah untuk mengerjakan manasik tertentu pada masa tertentu, dan dengan prosedur tertentu.

Tentang hukum dasar haji ada di Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 196 – 197 dan Al Imran ayat 97. Kemudian ada 5 syarat wajib haji,Β  yakni :

  • Islam
  • Berakal
  • Baligh
  • Merdeka
  • Mampu

Selanjutnya rangkaian ibadah haji terdiri dari miqat >> umroh qudum >> hari tarwiyah >> wuquf >> mabit di Muzdalifah >> Mina, melontar jumroh >> tawaf Ifadah >> tawaf wada.

Untuk laki-laki memakai baju ihram. Baju ihram itu adalah 2 helai kain tanpa jahitan. Sedangkan untuk perempuan memakai baju yang menutup aurat.

Ammah Efi juga menerangkan bahwa di sana banyak tempat yang jika kita berdoa akan Allah ijabah. Perasaan aku saat mendengar itu rasanya semakin semangat untuk pergi ke tanah suci melaksanakan haji dan umroh.

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu).”

Semoga Allah mampukan aku untuk menuju tanah suci. Aamiin.

Terimakasih ammah Efi dan KSuper.

2 comments to Belajar fiqih haji & umroh

  • Anne  says:

    Baca tulisan Bibby jadi bikin rindu Tanah Suci. Catatannya cukup lengkap ya, Bibby bisa tulis ulang jadi postingan blog 😍😍😍, thankyou for sharing.
    Paragraf pembukanya cakep banget, makin keren aja tulisannya. Keep writing and sharing your knowledge yaa, Anak Shalih.

  • Julia  says:

    Alhamdulillah bibby, kerinduan bibby akan tanah suci, akan mengundang bibby ke tanah suci insyaAllah.. Terus meminta ke Allah ya bil.. Allah itu maha adil, bagi kita yang belum mampu berangkat ke tanah suci, ada waktu diijabahnya doadoa kita, beberapa diantaranya adalah berdoa ketika bepergian, berdoa ketika sholat tahajud, berdoa saat hujan turun.. Dan ada beberapa lagi .. Semangat bibby, insyaallah kamu diundang Allah swt ke tanah suci..sebagai tamu Nya yang dirahmati.. Amiin

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>