Belajar tafsir al fatihah

17 September 2018

Kesiangan !

Hari ini saya bangun kesiangan. Hati saya merasa tidak tenang karena terlewat sholat subuh. Setelah bangun saya langsung bergegas mandi karena hari ini ada acara kajian, dari muslim travelschooling bersama ustad MIftah.

Sampai Masjid

Saya berangkat dari rumah naik ojeg online. Masjidnya berlokasi di PT Rekayasa Industri. Setelah sampai saya belum bertemu ustad Miftah, setelah beberapa menit mencari ustad Miftah tidak ketemu juga, baru kemudian ustad Miftah menghampiri saya dan Ceca. Setelah bertemu ustad Miftah, saya dan Ceca disuruh ustad Miftah untuk pergi ke lantai dua. Yang lain belum datang, akhir nya kami menunggu selama kurang lebih 30 menit. Setelah yang lain datang barulah kami memulai acara kajian mustrav kali ini.

Mulai Kajian Tafsir

Kali ini kami belajar tentang tafisr surat Al Fatihah. Al Fatihah memiliki banyak nama, yakni :

1. Fatihatul kitab atau fatihatul Qur’an artinya pembuka dari alquran.

2.Umul Qur’an atau umul kitab artinya induk atau inti dari Al Quran. Sedangkan umul kitab inti atau induk kitab

3. Assabulmatsani arti nya tujuh ayat yang di ulang-ulang. Di antarata penjelasan kenapa disebut sebagai tujuh ayat yang diulang-ulang adalah karena surat Al Fatihah dibaca berulang di setiap rakaat ssholat.Hal tersebut ada dalam Qur’an Hijr 87, yang bunyinya “Dan sungguh kami telah memberikankepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Qur’an yang agung”

4. Asy syifa, nama asy syifa bermakna penawar racun. Nama ini diambil dari sebuah hadis yang di riwayatkan di dalam sunnan Ad darimi dari sehbat Abu Said al Khudri secara marfu, dikatakan Al Fatihah sebagai syifa (penawar) dari segala racun” (HR. At Tirmidzi no.2878 dan Al Hakim dalam Al Mustadrok 2/259).

Doa Penyembuh

Selain itu saya juga diajarkan doa penyembuh saat sakit. Sentuh bagian yang sakit dan ucapkan Bismillahi 3 kali setelah itu membaca ‘A’udzu bi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadzir’u (Aku berlindung kepada keagungan dan kekuasaan Alloh dari keburukan yang aku dapati dan aku takutkan) Dibaca sebanyak tujuh kali.” (HR: Muslim).

Saya merasa senang karena bisa belajar lebih dalam tentang Al Fatihah, walaupun saya juga berusaha menahan ngantuk. Terimakasih banyak ustad Miftah.

 

 

 

4 comments to Belajar tafsir al fatihah

  • Miftah  says:

    Wah penjelasan Bobby lebij jelas dan dilengkapi rujukan yang bisa valid. Jazakallah Khair. Barakallah

  • Lea  says:

    Terima kasih berbagi ilmunya bibby

  • Anne  says:

    Masyaallah, dapat ilmu dari tulisan ini. Makasih udah berbagi yaa.

  • Eva  says:

    Masyaallah.. Barakallah Syabil.. Terimakasih sharingnya..

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>