Revolusi besar china part I

Revolusi 1911

Revolusi ini terjadi ketika pemerintah dinasti Qing, bisa dibilang gagal mensejahterakan rakyat. Ketidakpuasan rakyat China dimulai dari tahun 1842 ketika China kalah dalam perang candu. Perang ini menyebabkan banyak wilayah China yang dikuasai oleh Negara Eropa.

Kemarahan rakyat China terhadap pemerintah terus melonjak. Hingga pada tahun 1911 muncul tokoh bernama Sun Yat-sen. Sun mengobarkan revolusi pada pemerintah China. Tujuan Sun adalah untuk menyatukan China dibawah tiga sendi kedaulatan rakyat, yakni nasionalisme sosialisme dan demokrasi. Pada bulan febuari 1912 kaisar Xuantong turun takhta, revolusi yang dilakukan Sun Yat-sen sukses. Dengan ini dinasti Qing yang sudah bertahan selama ratusan tahun resmi berakhir.
Seminggu kemudian Republik of China (ROC). Resmi berdiri

Sun Yat-sen diangkat sebagai presiden sementara ROC, Beliau resmi menjabat pada 1 Januari 1912. lalu pada 10 maret 1912 Yuan Shihkai, mengangkat dirinya sebagai presiden seumur hidup. Yuan adalah seorang panglima perang. Yuan juga mengangkat dirinya sebagai kaisar China yang baru, akibat peristiwa ini banyak daerah di China selatan yang melepaskan diri dari pemerintahan Beijing. Sementara itu Sun yat Sen pergi ke sebuah kota yang bernama Kanton, dan mendirikan partai Koumintang (nasionalis).

Yuan Shihkai meninggal pada tahun 1916 dan meninggalkan China dalam kekacauan, karena beliau belum menunjuk Kaisar yang pantas menggantikan posisinya.

Bersambung

Sumber: GARIS BESAR SEJARAH CHINA ERA MAO Disusun Oleh: RIRIN DARINI, M.HUM
Ensiklopedia peradaban islam Cina Muslim Penulis: Dr. Muhammad Syafii Antonio M.Ec dan team TAZKIA

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>