Revolusi besar China part II

Revolusi 1928 

Setelah Republic Of China berdiri, Sun Yat-sen masih sulit mengontrol pemerintahan yang bersatu dan demokratis. Sun ingin seluruh daratan China bersatu dibawah Republic Of China. Masih banyak wilayah di China utara yang dikuasai oleh panglima perang, dinasti Qing.  Beijing juga masih dikuasai oleh mereka. 

 

Akibat hal ini, Sun Yat-sen berdiskusi dengan Yuan shihkai, (seorang panglima berkuasa di china bagian utara). Yuan shihkai setuju untuk menyatukan China dibawah kekuasaan Republic Of China, syaratnya adalah dia harus menjadi presiden. Demi persatuan China, Sun Yat-sen setuju untuk memberikan kekuasaannya. Setelah kemunduran Sun dari kursi kepresidenan, Sun pergi ke sebuah wilayah di china selatan,  yang bernama Kanton dan mendirikan partai Koumintang (Nasionalis china). 

 

Namun Yuan justru memerintah China dengan kediktatoran. Yuan mengangkat dirinya sebagai presiden seumur hidup, kaisar China yang baru, dan melarang ideologi Republik. Akibat hal ini, banyak Provinsi di China selatan yang melepaskan diri dari pemerintahan Beijing. Namun kekuasaan Yuan tidak bertahan lama. Yuan meninggal pada tahun 1916 dan meninggalkan kekacauan di China, khususnya China utara. Yuan belum menunjuk siapa yang pantas menggantikannya, sebagai panglima. Akibatnya pada periode 1916-1928 di China, dikenal sebagai periode Warlodisme, atau periode jenderal berperang. 

 

Sementara itu Sun Yat-sen masih memiliki kuasa besar di China bagian selatan. Sun mengorganisasi ulang partai Koumintang, dan berhasil mengatasi kekacauan. Hal ini mengantarkan Sun pada kursi keperesidenan, pada tahun 1923. Sun Yat-sen wafat pada tahun 1925, selanjutnya kekuasaan Sun digantikan oleh Chiang Kai-Shek. Chiang berhasil menaklukan para Warlord yang masih tersisa di China bagian utara. Gerakan Chiang didukung oleh partai komunis china (PKC). Chiang dilantik menjadi presiden pada tahun 1928 di kota Nanking.

Sumber: Dede Indra, 2015 STRATEGI MAO TSE TUNG DALAM PERANG SAUDARA DI CHINA TAHUN 1927-1949 Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu

https://belajarbersamahmadan.blogspot.com/

GARIS BESAR SEJARAH CHINA ERA MAO Disusun Oleh: RIRIN DARINI, M.HUM

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>