Star party HAAJ

29 Maret 2018

Saya dan Ceca akan ikut starparty bersama Himpunan Astronomi Amatir Jakarta ( HAAJ ) ke pulau Pramuka. Sebelumnya saya mencari tahu dulu tentang pulau pramuka. Pulau Pramuka merupakan pusat administratif dan pemerintahan Kepulauan Seribu. Di pulau ini sudah ada rumah sakit, lapangan olahraga dan tempat ibadah. Disebut pulau Pramuka karena dulu sebelum ada bumi perkemahan Cibubur dan Ragunan, pramuka sering mengadakan latihan di pulau ini, jadi lambat laun namanya berubah dari pulau elang menjadi pulau pramuka. Luas pulau Pramuka kurang lebih 9 hektare.

Kami berangkat dari rumah jam 20.00 WIB, diantar oleh bunda, papa dan Syakira. Sebelumnya kami makan malam dulu di rumah makan sunda. Sampai planetarium saya dan Ceca ngobrol sebentar dengan kakak-kakak, setelah itupun kami tidur, karena besok akan berangkat pagi sekali menuju pelabuhan muara angke.

IMG_20180329_214901_BURST8

30 Maret 2018

Jam 04.20 WIB saya dibangunkan oleh kak Indra kemudian saya mandi setelah itu sholat subuh.

Setelah semua siap, kami berangkat ke pelabuhan dermaga Kali Adem Muara Angke. Kakak-kakak memesan taxi online sebanyak 3 buah. Jumlah peserta yang ikut ada 15 orang.

Saat tiba di pelabuhan, suasananya sudah sangat ramai, mungkin karena bertepatan dengan long weekend jadi banyak orang yang pergi liburan ke kepulauan seribu. Pelabuhannya bau ikan asin bercampur bau amis dan hawanya sangat panas tapi hal itu tidak menggangu saya karena saya suka.

Setelah kakak HAAJ membeli tiket, kami mengantri masuk kapal. Kapal yang kami tumpangi namanya dolphin ekspres. Kapalnya sangat bagus, dengan kursi yang empuk dan dek yang bersih. Diperjalanan saya melihat dua buah lumba-lumba tapi sayang  tidak sempat di foto.

Setelah dua jam perjalanan, kamipun tiba di pulau Pramuka. Matahari sangat terik saat itu. Dan kamipun langsung menuju penginapan. Kami istirahat sejenak kemudian berangkat sholat jumat setelah itu kami makan siang. Menunya ayam tepung dan nasi, Alhamdulillah membuat perut saya kenyang.

Setelah makan siang, saya tertidur dan baru bangun saat magrib. Saya bangun dengan perasaan kaget dan sedih karena saya belum shalat ashar.

Malamnya ada briefing, tapi saya tidak tau isi briefingnya karena saya mandi.

Kurang lebih jam 9 malam, starparty pun dimulai. Hampir semua kakak-kakak sibuk memotret langit, begitu juga dengan Ceca. Lalu saya dikasih pinjam binokuler oleh kak Mila. Saya bisa melihat bulan dan beberapa bintang dengan lebih jelas.

Jam 23.30 malam saya merasa ngantuk, lalu saya kembali ke penginapan dan tidur.

31 Maret 2018

Kesiangannnn.

Matahari sudah bersinar saat saya bangun. Jam menunjukan pukul 6 lewat. Dan saya kembali sedih karena telat shalat subuh.

Selesai sarapan pagi, saya ngobrol dengan kakak-kakak. Siangnya saya keliling pulau bersama kak Andre, kak Mila dan kak Agnes kak agnes dan kakak yang lainnya, saya lupa namanya,maafkan ya kak. Ehh iya, kak Agnes memberikan saya topi, terimakasih kak.

IMG-20180331-WA0058

IMG-20180331-WA0060

Saat di pantai kami pun foto-foto lalu menyegarkan kaki yang panas dengan air laut.Setelah puas bermain di pantai kami pun menuju ke penginapan.

Di tengah jalan saya lupa membawa kembali topi kak Agnes lalu saya dan kak Andre buru-buru kembali ke pantai. Alhamdulillah topi nya ketemu, lalu saya dan kak Andre kembali ke penginapan dengan rasa lega. Setelah saya sampai penginapan saya pun sholat dzuhur saya pun istirahat sampai jam 4:30 WIB.Setelah istirahat saya pun bermain di halaman penginapan lalu kakak-kakak yang lain juga ikut bermain dengan saya seperti foto-foto, mengobrol dan lain- lain. Saya juga dikasih tahu oleh kak Indra bahwa bintik hitam matahari, saat ini sedang tidak ada.

Setelah matahari tenggelam saya pun melihat bulan terbit warna nya merah seperti sedang gerhana bulan total.Setelah azan saya pun pergi ke dalam penginapan dan sholat magrib.Setelah saya sholat magrib saya istirahat selama 1 jam lalu saya makan malam, menu makan malam hari ini adalah cumi-cumi goreng, rasanya nikmat dan lezat. setelah saya kenyang kami pun mulai mengamat di roof top. Saya bisa melihat bintang dan bulan dengan sangat besar dan jelas lewat teleskop. Saya juga melihat planet jupiter tapi tidak dengan teleskop karena teleskopnya sedang dipakai. Kak Indra yang memberitahu saya. Saya juga bertanya pada kak Indra, kenapa kak Indra betah melihat langit berlama-lama, jawab kak Indra apa kah syabil tidak bosan melihat serangga lama-lama? jawab saya tidak jawab kak indra itulah karena hobi kita berbeda-beda.Setelah beberapa jam saya mengamat saya pun merasa tidak enak badan akhir nya saya pun tidur di dalam penginapan jam 1:30 WIB

IMG-20180331-WA0070

IMG-20180403-WA0032 IMG-20180331-WA0040 IMG-20180331-WA0039

1 April 2018.

saat saya bangun saya pun mandi lalu sholat subuh, tidak lama kemudian saya merasa sakit perut dan mual.Setelah saya beritahu ke kakak-kakak saya di kasih jamu oleh kak Ihsan. Terimakasih kak Ihsan. Sesaat badan saya enakan tapi hanya beberapa menit saja, lalu ibu nya kak ajis memberi saya susu hangat. Setelah itu kami pun sudah siap untuk berangkat tapi saya merasa sangat mual jadi dari pada di tahan dan muntah-muntah lebih banyak saat di kapal akhir nya saya muntah sebelum jalan menuju kapal. Saat sampai di kapal saya langsung menuju tempat duduk yang kosong. Kapal ini jelek, kotor dan bau. Setelah beberapa menit menungu kapal pun berangkat, saat di jalan saya pun mulai mual lagi lalu saya pun di berikan kantong plastik oleh ibu nya kak Azis. Setelah itu saya pun menuju ke bagian belakang kapal yang terbuka bersama ibu nya kak Azis. Setelah beberapa menit di belakang kapal saya merasa mual lagi lalu saya di kasih kantong plastik lagi oleh ibu nya kak Azis. Setelah itu kapal pun mogok di pulau pari akhir kami pun menunggu, lalu saya mengajak ibu nya kak Azis untuk menuju dek atas. Setelah saya liat di dalam tempat mesin nya ternyata ada pompa yang terbakar.Setelah beberapa menit di dek atas saya pun sudah tidak sakit perut lagi tapi saya merasa lapar karena muntah-muntah ternyata ibu nya kak Azis membawakan saya bubur ayam, lalu saya makan bubur ayamnya. Alhamdulillah kenyang setelah itu saya ter tidur, saat saya bangun pulau jawa mulai kelihatan dan saya juga sudah sampai pulau bidadari. Lalu saya merasa ingin pipis, saya menuju toiet, saat sampai di toilet, ternyata toilet ini tidak memiliki WC melainkan hanya lubang langsung menuju laut. Akhir nya setelah 2 jam perjalanan dan 2  jam mogok kami pun akhir nya sampai di pelabuhan kali adem. Setelah turun kami berfoto bareng lalu kami juga memutuskan untuk sholat dulu karena sudah waktu nya sholat dzuhur. Setelah sholat kakak-kakak memesan taksi sebanyak 3 mobil menuju planetarium.

Setelah beberapa menit taksi pun datang lalu saya pun menuju planet saat di perjalanan saya melihat ikan pari ingin di jadikan ikan asin. Tak lama kemudian saya pun sampai planet dan bertemu bunda.

Terimakasih pak Widya dan kakak-kakak HAAJ yang membolehkan saya ikut acara starparty kali ini. Terimakasih juga pada ibunya kak Azis yang sabar menemani saya.

IMG-20180330-WA0063IMG-20180331-WA0059 IMG-20180331-WA0041 IMG-20180331-WA0010 IMG-20180401-WA0051 IMG-20180401-WA0046 IMG-20180331-WA0065IMG-20180331-WA0011